Review Mikrotik RB750r2 hex Lite dan Cara Configurasi Userman Wifi Hotspot

Sumber: Tiga Belas Net

Review Mikrotik RB750 r2 hex Lite dan Cara Configurasi Userman Wifi Hotspot

Belum lama ini saya membeli mainan baru yaitu Mikrotik RB750r2 hex Lite yang akan saya gunakan untuk usaha Wifi Hotspot RT RW Net di rumah, di karenakan saya baru mengenal yang namanya Mikrotik, sayapun di pusingkan dengan configurasinya yang sama sekali saya belum ngerti, apalagi untuk membuat Userman, dan akhirnya saya berusaha mencari tahu untuk cara step by step nya dalam mengconfigurasikan dan sampai bisa membuat Userman juga mengganti tamplate login page di Mikrotik saya ini.

Saya membeli Mikrotik RB750r2 ini dengan harga 500ribuan di salah satu toko online, sambil menunggu pesanan datang sayapun mencari tau cara mengconfigurasinya supaya ketika barangnya datang sudah sedikit tahu, paling tidak mengerti langkah-langkahnya bagaimana.

Dan sampailah barangnya setelah menunggu selama 3 hari, saya penasaran dan langsung membuka box dari Mikrotik RB750r2 itu sendiri, bentuk nya kotak dan ukurannya kecil, terdapat 5 port yang fungsinya port nomor satu untuk internet atau bisa juga untuk POE dan port 2, 3, 4, 5 untuk Lan, terdapat juga port untuk power dan lubang untuk reset, sedangkan lampu indikator terdapat di bagian atas, dimana menyala ketika port tersebut di gunakan.

Isi box nya : Unit Mikrotik RB750r2, Power adaptor 12V dan Buku panduan

Tiga Belas Net
Tiga Belas Net
Mikrotik RB750r2 ini merupakan produk generasi kedua dari pendahulunya, dengan membawa prosesor baru yakni Qualcom 850MHz dan sudah termasuk lisensi level 4, di klaim pastinya lebih baik dari seri sebelumnya.

Setelah membongkar box nya saya langsung coba-coba mengkonfigurasi dengan mengikuti tutorial dari youtube sampai bisa, nama channel yang saya lihat yaitu Kholis X, terimakasih untuk ilmunya yang sangat bermanfaat untuk saya.

oh iya sebelum mengkonfigurasi, saya menggunakan "Winbox" perlu di instal terlebih dahulu ya sob.. bisa sobat cari aplikasi di google atau "klik disini untuk download"

Baca Juga : Mikrotik Router Board RB450GX4 Unboxing dan Spesifikasi

Langsung saja tancapkan Power adaptor nya ke sumber listrik dan tancapkan kan juga kabel Lan dari router ISP (indihome) ke Mikrotik di port internet, dan tentunya tancapkan juga ke komputer atau laptop dari mikrotik port 2,3,4,5 pilih salah satu ke port lan komputer atau laptop.

Selanjutnya buka aplikasi Winbox yang sudah sobat instal, maka akan terdeteksi ip default dari pengaturan standarnya, yaitu 192.168.88.1  sebenarnya pengaturan standarnyapun sudah bisa di gunakan, namun disini saya mengkonfigurasi lagi supaya tidak menggunakan ip dari pengaturan standar, maka saya mereset terlebih dahulu melalui winbox > System > Reset Configuration, centang di No Default Configuration dan Do Not Backup dan Klik Reset Configuration.
tunggu sampai proses reset selesai.


Baca Juga :

Membangun Jaringan Wifi Hotspot RT RW Net dengan Modal 1 Juta

Membuat User Trial Mikrotik dan Script Untuk Template Login Yang Sudah di Modifikasi

Tp-Link CPE 220 Configurasi Menggunakan PC dan Smartphone

Oh iya sebelum melakukan configurasi pastikan sobat sudah mencatat IP yang akan di gunakan, misalnya IP dari Modem indihome : 192.168.1.1 dan IP yang akan di berikan untuk Mikrotik ke Access Point misalnya : 192.168.150.1

Selanjutnya sobat ke Winbox lagi dan connect atau masuk menggunakan MAC Address, dan lansung saja pilih menu "Interfaces" di menu interfaces terdapat Ether1 sampai Ether5, supaya nantinya tidak bingung di Ether1 kasih saja keterangan Internet, dan di Ether lainnya kalau saya menggunakan Ether5 untuk di hubungkan ke Access Point maka saya memberi keterangan di Ether5, tidak di kasih keterangan juga tidak masalah.


Selanjutnya mengatur IP yaitu ke menu IP > Addresses
Klik logo + untuk menambahkan IP
di IP Address yang pertama saya mengisinya dengan IP : 192.168.1.150/24 dan pilih "ether1" kemudian klik Apply maka IP network otomatis akan terisi kemudian klik OK.
kemudian klik logo + lagi untuk mengatur IP yang akan di teruskan ke ether yang akan di pakai untuk Access Point, disini saya mengisi nya dengan IP : 192.168.150.1/24 kemudian pilih ether berapa yang sobat akan di pakai untuk Access Point kalau saya menggunakan ether5 kemudian klik Apply maka IP network akan terisi otomatis dan klik OK, selasai mengatur IP


Langkah selanjutnya mengatur DNS, klik IP > DNS
Isi Server sesuai IP dari Modem : 192.168.1.1 dan beri centang di Allow Remote Requsts kemudian klik Apply.... selesai mengatur DNS.


Langkah selanjutnya mengatur Routes, IP > Routes
klik logo + kemudian isikan Gateway dengan IP yang dari Modem : 192.168.1.1 dan klik Apply.. kemudian OK, selesai mengatur Routes.


Selanjutnya mengatur "Firewall" agar supaya user bisa mengakses internet, caranya yaitu ke menu IP > Firewall kemudian klik di menu NAT klik logo + dan atur Out Interface pilih ether1, kemudian klik menu Action pilih masquerade dan langsung klik Apply.. kemudian OK, selesai mengatur Firewall.

Kemudian langkah selanjutnya mengatur IP Pool nya, IP > Pool
klik logo + kemudian isi Address nya,
Kita atur IP untuk nantinya di gunakan oleh user, misalnya dari IP sekian sampai IP sekian, nah kalau saya mengaturnya dari IP 192.168. 150.2 sampai 192.168.150.150, klik Apply kemudian OK...


Langkah selanjutnya mengatur DHCP Server, IP > DHCP Server
di menu DHCP Server kita atur Networks nya terlebih dahulu, di Address isi dengan IP Network yang sudah kita atur dari awal yaitu : 192.168.150.0/24 kemudian isi Gateway nya dengan mengisi IP dari Mikrotik nya : 192.168.150.1 dan Netmask isi 24 DNS Server isi dengan IP Mikrotik : 192.168.150.1 kemudian klik Apply dan OK,


Masih di DHCP Server klik di tab DHCP, Name isi saja dhcp-wifi, interface ether5, Address Pool pilih Pool yang sudah kita buat tadi di atas, kemudian klik Apply dan OK


Sampai disini IP sudah dapat di gunakan, untuk mengeceknya, silahkan hubungkan Access Point ke Mikrotik, kemudian hubungkan wifi laptop ke Access Point sobat dan buka Winbox nya dengan IP yang sudah kita buat tadi, IP Address akan otomatis terdeteksi di Winbox.



Baca Juga : Mikrotik RB931 hAP Mini - Mikrotik Murah Fitur Wah...


Selanjutnya kita akan mengatur untuk bisa di jadikan wifi hotspot, nah seperti yang sudah di jelaskan di atas, bahwasanya saya membeli Mikrotik RB750 r2 ini untuk saya gunakan sebagai usaha RT RW Net, jadi Mikrotik ini harus saya konfigurasi supaya bisa untuk di akses user nantinya, konfigurasi selanjutnya yaitu Hotspot

IP > Hotspot
Di menu Hotspot terdapat banyak tab, yang harus kita atur terlebih dahulu yaitu :

User Profile,
klik logo + untuk menambahkan user profile baru, Isi Name terserah, kalau untuk user profile Harian isi saja Name : Harian, dan kalau untuk Bulanan isi saja : Bulanan, intinya user profile agar tidak lupa nantinya, kemudian ke bawah Share User, isikan saja misalnya satu voucher hanya untuk satu perangkat ya isi 1, misalnya satu Voucher agar bisa di pakai dua perangkat ya isi saja 2, kemudian isi Rate Limit rx tx ; keepatan download dan upload, nah sobat mau ngasih kecepatan berapa untuk user profil ini misalnya mau kasih upload 2Mb dan download 2Mb ya isikan saja : 2m/2m, kemudian klik Apply dan OK...


Setelah membuat User Profile kemudian ke tab User, nah disini sobat bisa mengatur userman untuk bisa login ke Hotspot sobat, dan sesuaikan dengan User Profile yang sudah sobat buat di atas.
Klik logo + kemudian server pilih saja All, Name : terserah sobat mau kasih nama user apa, dan Password isi terserah sobat, intinya untuk pembeli supaya bisa masuk di halaman login page di Wifi Hotspot sobat, kemudian pilih profile sesuai yang sudah di buat di atas, untuk mengatur limits masuk ke tab limits, di sini sobat bisa membatasi waktu dan kecepatan internet yang sobat jual.


Selanjutnya mengatur Server Profile.. di tab server profile sobat klik logo + dan isikan Name : Profile-wifi (terserah sih), Hotspot Address : 192.168.150.1 (sesuai ip mikrotik), DNS Name : ini gunanya untuk pengganti IP login page, misalnya : tigabelas.net maka URL halaman login Hotspot sobat http://tigabelas.net (sesuaikan keinginan sobat aja) kemudian ke tab Login, kasih centang di HTTP CHAP, klik Apply dan OK..


Nah sampai disini boleh sobat cek DNS Name nya sudah aktif apa belum, caranya ke IP > DNS kemudian sobat klik Cache, kalau belum ada DNS Name yang sobat buat, sobat bisa atur di Static atasnya Cache, klik logo + Name : isi dns name yang sudah sobat buat, kalau saya tigabelas.net kemudian isi Address : IP dari mikortik 192.168.150.1 Apply dan OK...



Kembali lagi ke menu Hotspot dan yang terakhir kita buat "Server" di menu Hotspot ke tab Server
Klik logo tambah + kemudian isi Name : Hotspot-Wifi, Interface : ether5, Profile : Profile yang sudah sobat buat, klik Appy dan OK.

Selesai mengkonfigurasi Mikrotik untuk Wifi Hotspot dan membuat Userman, Untuk membuat Userman saya sarankan menggukan Mikhmon, lebih cepat mudah dan pastinya lebih lengkap daripada membuat dengan menggunakan Winbox.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel