Perawatan Genset

Kebutuhan masyarakat terhadap genset semakin hari mengalami peningkatan. Setiap genset memerlukan perawatan agar kinerjanya tetap baik saat dioperasikan. Agar daya yang dihasilkan tetap prima dan tidak terjadi konsleting. Sebelum menginstalasi atau menghidupkan genset perlu dilakukan pengetesan.
Pengetesan genset tersebut bukan sembarangan. Anda harus menggunakan alat yang tepat yakni load bank. Selain itu, merupakan perangkat yang dapat mengembangkan beban listrik, mengubah daya, dan menghilangkan output daya. Kerja alat ini seperti meniru beban dari operasional sumber daya listrik. Perangkat ini disebut bekerja secara sistematis mandiri.
Tujuan Penggunaan Load Bank
1.Sebagai pemindah beban
Pada instalasi genset tertentu, perangkat tersebut sangat dibutuhkan untuk bekerjah sebagai media pemindahan beban. Misalnya pada instalasi cranek digunakan untuk mengalihkan beban listrik. Sehingga efek overspeed dapat terhindari karena adanya reaksi kejutan mendadak.
Setelah menggunakan perangkat ini, beban ceane akan menghilang dan secara otomatis pindah ke unit dalam perangkat. Dengan memindahkan beban kondisi genset tetap stabil dan bekerja dengan baik.
2.Alat pengetesan mesin genset, mesin turbin, dan gas engine
Perangkat ini biasanya digunakan sebagai alat pengetesan mesing genset. Umumnya genset berskala kecil yang telah bekerja lebih dari 14.000 jam. Setelah mengetes genset maka anda akan mengetahui seberapa besar persentase kemampuan mesin genset dan penurunan efisiensinya.
Dari persentase yang didapat tersebut dijadikan acuan untuk melakukan overhaul atau servis. Anda tidak perlu khawatir menggunakan genset karena performa mesinnya dalam kondisi aman.
3.Alat untuk mengetes UPS dan system battery 
Perangkat ini sangat penting digunakan sebelum genset diinstalasi. Fungsi lainnya untuk menguji kapasitas dan kemampuan baterai dalam genset. Persentase ketahanannya dan seberapa lama genset dapat beroperasi. Disamping itu juga digunakan menjadi media discharge pada baterai.Pengetesan optimal sistem baterai dan UPS menggunakan load bank Sewatama.
4.Untuk synchronizing test
Selain itu, perangkat ini berguna sebagai synchronizing test. Jadi dalam proses synchronizing test. Lebih terfokus pada simulator genset. Sebelum synchronizing test berjalan harus dilakukan pengaturan dan pengecekan menggunakan perangkat ini. Agar saat synchronizing test dilakukan tidak akan mengganggu arus listrik yang tengah berjalan.
Manfaat
Beberapa manfaat setelah uji penyimpanan genset setiap tahun. Pertama, kinerja genset lebih optimal dan dapat menyimpan sumber daya cadangan. Kedua, mencegah konsleting saat konversi listrik. Ketiga, membersihkan saluran pembuangan dan mengurangi zat karbon yang keluar. Kelima, melindungi sistem pendingin mesin.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perawatan Genset"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel