Monday, May 14, 2018

PERANGKAT KERAS KOMPUTER

   Komputer merupakan perangkat teknologi informasi yang paling penting, Hal ini disebabkan karena komputer berperan besar dalam proses pengolahan, penyimpanan dan penyajian informasi. Kemajuan teknologi ssangat mempengaruhi kemajuan trknologi informasi. 
    Komponen dasar komputer terdiri dari Brainware (pengguna komputer), Hardware (perangkat keras komputer) dan Software (perangkat lunak komputer).

Bagian-Bagian Perangkat Keras Komputer
      Perangkat komputer terdiri atas beberapa komponen elektronik yang di hubungkan menjadi satu komputer. Perangkat keras komputer terdiri dari Unit Input, Unit Proses dan Unit Output.
Unit Input
     Unit input adalah perangkat komputer yang digunakan untuk memmasukan perintah dan dat yang akan diproses oleh program komputer.
Keyboard
Keyboard adalah seperangkat tombol-tombol yang berfungssi sebagai media masukan bagi komputer. Masing-masing tombol keyboard memiliki fungsi-fungsi tertentu.
Gambar Keyboard

Mouse
Mouse digunakan untuk menjelajahi program, memilih perintah dan menjalankan sebuah perintah.
Mouse mempunyai sebuah pointer yang bergerak sesuai dengan gerakan sesusai dengan gerakan bola kecil yang terdapat dibagian bawah mouse. Jika kita menggerakan bola kecil tersebut kearah horizontal pointer akan bergerak kearah horizontal, demikian juga bila kita gerakkan kearah vertikal pointer mouse akan bergerak kearah vertikal. Saat ini fungsi bola kecil digantikan  dengan cahaya infra merah. Pada sebagian mouse, ada tiga tombol ( tetapi ada yang hanya dua tombol ), tombol ketiga mouse dinamkan scroll yang dapat digunakan untuk menggeser tampilan layar. Dua tombol yang lain disebut tombol kanan dan tombol kiri. Tombol tersebut digunakan dengan cara menekan atau disebut click.
Click kiri digunakan untuk menjalankan perintah, click kanan digunakan untuk menampilkan menu pop-up. Selain click mouse juga digunakan untuk men-drag yaitu menangkap dan kemudian menggeser atau menarik sebuah obyek. Men-drag dilakukan dengan cara menggeser pointer ke obyek yang akan digeser, menekan dan menahan tombol sebelah kiri, kemudian menggeser pointer sampai ketempat tertentu dan kemudian melepaskannya.

Gambar Mouse

Touchpad, Pointing stick dan Trackball
Touchpad, Pointing stick dan Trackball adalah unit input komputer yang mempunyai fungsi yang sama dengan mouse. Peralatan tersebut digunakan sebagai mouse dikomputer laptop atau netbook.

Joystick
Joystick adalah peralatan yang digunakan untuk menjalankan program game di komputer. Fungsi joystick dalam menjalankan program game dapat digantikan oleh mouse atau keyboard.



Scanner
Scanner digunakan untuk memindai foto atau gambar yang sudah dicetak. Tetapi sekarang tidak hana bisa untuk memindai foto atau gambar, Scanner dapat digunakan juga utnuk memindai sebuah teks, dengan bantuan program Omni Pages.



Peralatan Multimedia
Beberapa peralatan multimedia yang dapat dihubungkan ke komputer antara lain : Mikrophone (susaa), Kamera (gambar), dan Video (gambar gerak dan suara). Umumnya, peralatan multimedia dilengkapi media penyimpanan yang dapat menyimpan data dalam bentuk digital. Data-data tersebut kemudian dapat dipindah dengan menghubungkan peralatan multimedia dengan komputer melalui kabel-kabel. Selain itu, kita juga mengenal kartu memori (Memory Card). Kartu ini digunakan untuk menyimpan data-data yang dapat dibaca oleh komputer. Komputer membaca data-data yang terdapat di kartu yang memori dengan menggunakan peralatan tambahan (slot) yang terdapat di komputer yang disebut card reader.

 

 Gambar Peralatan Multimedia


Unit Proses


CPU (Central Processing Unit)
CPU sering disebut microprocessor yang merupakan pusat pengolahan data dan pengontrolan kerja komputer, karena itu CPU merupakan bagian terpenting dari komputer. CPU dibedakan menjadi 2 berdasarkan fungsi operasionalnya yaitu Arithmatical Logical Unit (ALU) yang berfungsi sebagai pusat pengolahan data dan Control Unit (CU) yang berfungsi sebagai pengontrol kerja komputer yaitu mengatur proses-proses yang dilakukan komputer. Kecepatan kinerja CPU diukur dengan satuan Hertz.


Gambar CPU


Memori
Memori adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk penyimpanan informasi sebelum atau sudah diproses oleh processor. Informasi dapat berbentuk perintah maupun data-data. Sebagai tempat penyimpanan, memori mempunyai ruang-ruang penyimpanan dimana masing-masing ruang penyimpanan tersebut mempunyai alamat sendiri yang berupa nomor-nomor yang menunjuk lokasi tertentu dimemori. Memori terbagi menjadi 2 yaitu : Random Acces Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM). RAM adalah memori yang berfungsi untuk menimpan sementara perintah dan data saat sebuah progaram dijalankan. Perintah dan data tersebut mencakup data yang akan dibaca dari harddisk, data-data yang dimasukkan melalui alat input komputer, dan juga data-data hasil pemrosesan sebuah program. ROM digunakan untuk menyimpan perintah dan data secara tetap. Komputer tidak dapat mengubah data dan perintah yang di simpan di ROM. Perintah-perintah yang di simpan di ROM merupakan perintah-perintah tetap yang dibutuhkan oleh komputer.

Gambar Memori


Unit Output
    Unit Output adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi kepada penggunanya.

Monitor 
Monitor merupakan alat keluaran yang memberikan tampilan visual kepada pengguna komputer. Monitor dilengkapi dengan tombol-tombol yang digunakan untuk mengatur tampilan di layar monitor.

Gambar Monitor

Printer
Perinter adalah perangkat output yang digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer dalam bentuk kertas. Cetakan tersebut dapat berupa dokumen, gambar maupun dokumen yang disertai gambar. Perinter dihubungkan dengan komputer melalui kabel USB. Selain dihubungkan dikomputer, printer juga dihubungkan ke sumber listrik. Sebelum digunakan printer harus menginstal driver terlebih dahulu. Dari cara komputer menghasilkan cetakan ada tiga jenis printer, yaitu : dor matrix, inkjet dan laser jet.

Gambar Printer

Flash Drive
Flash Drive sekarang sudah mulai mengganti fungsi disket, karena kemampuan penyimpanannya yang besar orang banyak yang beralih di flash drive. Flash drive yang beredar saat ini mempunyai kapasitas penyimpanan 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, dan 32 GB.
Flash drive dihubungkan di komputer dengan menggunakan port Universal Series Bus atau USB. Akses data dengan menggunakan flash drive dapat juga digunakan bersama-sama dengan Mp3 player.


Gambar Flash Drive


CD ROM
CD ROM ( Compact Disc-Read Only Memory) dapat menyimpan data sampai dengan 700 MB, namun akses untuk membaca datanya relative lebih lambat. Kita hanya dapat membaca data dari CD-ROM dan tidak dapat menulis maupun menghapusnya. Untuk menulis data ke CD-ROM diperlukan perangkat keras yang dinamakan CD WRITER. Agar dapat membaca CD-ROM, komputer harus dilengkapi dengan CD-ROM Drive atau DVD Drive.

No comments:

Post a Comment