Service Laptop Bios 88

Bios Free Download, Tutorial Service Laptop, Cara Mudah Perbaiki Laptop Tidak Ada Tampilan, Mati Total.

Thursday, May 17, 2018

PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER

Router

Sebenarnya tidak ada arsitektur yang eksak dari sebuah router karena berbeda-beda tergantung merek dan jenisnya. Komponen-komponen dari router adalah sebagai berikut:

  • CPU 
Central Processing Unit mengeksekusi instruksi pada Operating System. Fungsi yang lain adalah inisialisasi sistem, fungsi routing dan mengontrol network interface. Router yang besar memiliki beberapa CPU.

  • RAM
Random Acces Memory digunakan untuk informasi routing table, fastswitching cache, running configuration dan paket queque. RAM biasanya dibagi dua secara logik yaitu memori processor utama dan memory shared input/output (I/O). Memory sahred I/O adalah sebagai antara berbagai interface I/O untuk menyimpan paket secara sementara. Isi RAM akan hilang begitu power dari router dimatikan.

  • Flash 
Flash digunakan untuk menyimpan keseluruhan IOS (internetworking Operating System) software image. Router umumnya mencari operating system pada flash. IOS dapat diupgrade dengan mengisi IOS baru pada flash. IOS mungkin berbentuk compressed atau uncompressed.

  • NVRAM
Nonvolatile Random Acces Memory (NVRAM) digunakan untuk menyimpan startup configuration. Di beberapa perangkat NVRAM di implementasikan menggunakan EEPROM yang terpisah dari perangkat tersebut.

  • Bus
Kebanyakan router berisi sebuah system  bus dan CPU bus. System bus digunakan untuk komunikasi diantara CPU dan interface. System bus mengirimkan data dari dan ke interface. CPU bus digunakan oleh CPU untuk mengakses komponen dari media penyimpan router.

  • ROM
Read Only Memory digunakan untuk menyimpan permanen startup diagnotic code (ROM Monitor). Tugas utama untuk ROM adalah diagnosa hardware selama router melakukan bootup dan memindahkan software IOS dari Flash ke RAM.

  • INTERFACE
Interface adalah koneksi router keluar. Ada tiga tipe tipe interface yaitu Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN) dan management. Interface LAN biasanya berupa salah satu jenis dari Ethernet atau Token Ring. Interface WAN termasuk serial, ISDN dan integrated Channel Service Unit (CSU). Management port berisi port console dan AUX adalah port serial yang digunakan untuk menghubungkan router dengan administrator. Port ini bukan merupakan port jaringan. Port ini menggunakan aplikasi tertentu yang dijalankan pada sebuah komputer yang dihubungkan melalui port komunikasi pada komputer atau menggunakan modem.

  • POWER SUPLAY
Menyediakn power yang dibutuhkan untuk mengoperasikan komponen internal.


KONEKSI KOMPUTER ATAU TERMINAL CONSOLE KE ROUTER

Port console atau AUX adalah port management. Port tersebut adalah port serial asychronous yang tidak didesain sebagai port jaringan. Satu dari kedua port tersebut dibutuhkan untuk melakukan konfigurasi router. Port Console dianjurkan untuk konfigurasi awal karena tidak semua router mempunyai port AUX.
Ketika router pertama kali dijalankan, belum ada parameter jaringan yang dimasukan. Oleh karena itu router tidak dapat berkomunikasi satu sama lain dengan perangkat jaringan lainnya. Untuik menyiapkan konfigurasi awal pasangkanlah pada komputer atau terminal RS-232 ASCI ke port console pada router. Kemudian masukkan perintah konfigurasi kedalamnya. Satu klai konfigursi tersimpan pada router maka router dapat berkomunikasi dengan perangkat lainnya. Gunakan komputer atau terminal tersebut untuk melakukan perbaikan atau monitoring jaringan. Router juga dapat dikonfigurasikan dari jarak jauh dengan melakukan koneksi melalui modem yang dihubungkan ke port Auxiliary. Kemudian modem dihubungkan dijalur telepon. Administator dapat melakukan koneksi melalui komputer yang terhubung ke modem menuju router tersebut. Kemudianm konfigurasikan software terminal emulation (contohnya Hyperterminal) pada PC untuk:

  • Port serial (com) yang sesuai
  • 9600 baud
  • 8 data bits
  • 1 stop bit
  • No flow control

No comments:

Post a Comment